Sabtu, 09 November 2013

HM. Iman Sastra Mihajat sosok inspiratif "From Local to Global"




Sosok muda yang satu ini sudah tidak asing lagi dalam forum ekonomi islam di indonesia dan sudah sering tampil di forum internasional sejak masih kuliah. Penerima beasiswa Doktor Islamic Development Bank (IDB) di IIBF- IIUM, Malaysia ini sangat baik dan ramah. Hal ini terbukti saat penulis berkenalan pada tahun 2011 dan terus berkomunikasi dengan lancar dengan beliau hingga sekarang. Puncaknya saat penulis mengikuti konferensi di malaysia, beliau menyempatkan diri di tengah kesibukannya menemani penulis keliling kuala lumpur dan ditraktir makan mie ayam di kantin International Islamic University Malaysia maret 2013. Padahal waktu itu beliau sedang deadline penyelesaian disertasi  (Ph.D) di Institut of Islamic Banking and Finance. Berikut foto saya saat di IIUM bersama beliau :




Sosok muda inspiratif ini biasa saya panggil “kang Nama” dengan lengkapnya adalah muhammad iman sastra mihajat H.M. Iman Sastra Mihajat, LC, PDIBF, MSc Fin Ph.D. Panjang banget ya gelarnya semoga banyak inspirasi dibalik gelar itu. He, Oke kita lanjut menggali inspirasinya. Beliau lahir Di desa Sendawar Bengkulu Sumatera Indonesia pada 17 Juli , selama masa kanak-kanak kang Iman menghabiskan waktu kang Iman di pertanian dan sungai .

Kang Iman memulai pendidikan ketika aku berusia lima tahun di Taman Kanak Kanak Padang Jati Bengkulu , kang Iman mulai Sekolah Dasar kang Iman di SD 40 Bengkulu 1989-1995 , dan Sekolah Menengah kang Iman di Pondok Pesantren al- Mukmin Solo 1995-2001 , kang Iman mulai perjalanan Pendidikan kang Iman ketika diterima di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir pada tahun 2002 , dari universitas ini lama, kang Iman belajar banyak tentang syariah bagaimana itu diterapkan dalam UU , Perbankan , Keuangan , dll Kedokteran.

Berdasarkan kajian keilmuannya di S1 kang iman tertarik di Perbankan dan keuangan Islam , kang Iman menyelesaikan studi pada tahun 2006 dengan 3 tahun dan 8 bulan. Kemudian beliau melanjutkan studi pascasarjana di Institut Perbankan Syariah dan Keuangan ( IIBF ) International Islamic University Malaysia pada tahun 2007 , dari penelitiannya , kang Iman belajar banyak tentang isu-isu di bidang perbankan syariah dan keuangan . Namun, kang Iman mulai melihat kelemahan dalam  keuangan konvensional , sehingga pada tahun 2008 kang Iman mengambil Master Kedua di bidang keuangan untuk belajar di dalam sekitar satu konvensional. Setelah meraih gelar Keuangan, kang Iman melanjutkan Ph.D di 2010 untuk mempelajari lebih lanjut tentang isu-isu dalam Perbankan dan keuangan Islam , baik dalam arti produk atau jasa.

Kegiatan kang Iman sekrang lebih pada penelitian mengenai isu-isu di bidang perbankan syariah dan keuangan, pengajaran, memberikan pelatihan dan dosen, dan penyajian dan pembicara dalam konferensi internasional. Setidaknya lebih dari 30 forum dan konferensi tinggi internasional yang prestige dalam ekonomi islam beliau menjadi pembicara dari semenjak kuliah hingga sekarang.

Ini FB beliau : https://www.facebook.com/M.Iman.Sastra.Mihajat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar