Jumat, 01 November 2013

Founder Inspirasi Indonesia Muda

Ade Suyitno (Adeino) lahir pada 16 Januari 1991 di Indramayu, Indonesia. Di Indonesia, ia dikenal sebagai tokoh pemuda dan peneliti, pelatih, dan konsultan UKM. Dia mulai aktivisme sosial sejak ia berusia 12 dengan mendirikan kursus gratis bagi anak-anak dan membantu menjual panen buah tetangganya untuk di jual di sekolahnya di Indramayu, Jawa Barat. Pada tahun 2010, ia mendirikan sebuah komunitas yang fokus tentang penulisan kreatif dan pengembangan kepemimpinan pemuda untuk perubahan sosial di fakultas ekonomi di Universitas Pendidikan Indonesia. Berlalunya waktu komunitas ini menjadi organisasi non pemerintah (NGO) dengan nama Indonesia Youth Kreatif (ICY), program terbaik ICY adalah Indonesia Tulis Kreatif dan Siswa Sekolah Nach (www.indonesiamudamenulis.blogspot.com). Di bawah kepemimpinannya sebagai Presiden, organisasi telah memberikan berbagai program pengembangan kapasitas, pengembangan masyarakat di kota Cisarua-cimahi, dan pelatihan kewirausahaan pada pemuda.

Ia Pendiri
platform online Inspirasi Indonesia Muda dan juga CEO Pendidikan Kewirausahaan Islam (IEEdu), sebuah platform online yang penelitian, Model kewirausahaan dan consultan bisnis bagi UKM. Kemudian IEEdu berbagi inspirasi dari cerita bisnis Moeslim dari Indonesia sekitar dan Internasional. Ia telah melakukan 5 penelitian kewirausahaan islam dan menjadi finalis dalam MTQ Nasional DIKTI 2012 di Padang.

Dia memiliki catatan yang baik akademik dan prestasi, tidak hanya di bidang akademik di Universitas Pendidikan Indonesia, tetapi juga di ekstrakurikuler minat bakat dalam kewirausahaan, kepemimpinan dan penelitian. Penghargaan Akademik terbaik dari gubernur Jawa Barat pada penelitian Koperasi dan pemenang dalam kontes 13 penelitian nasional dan menulis di berbagai daerah / universitas UNS, Unja, Unismuh, UIN SUSKA, UNLAM,
UNP, UNANDALAS dll. Pengalaman dalam bisnis ia mendirikan sebuah bisnis lokal pada handycraft dan kreatif produk dengan nama bisnis N4SR.



Ia pernah bergabung dengan beberapa acara dan konferensi internasional di Korea Selatan, Taiwan, Rusia, dan Malaysia, yang memberinya keterampilan adaptasi dalam multi-budaya dan suasana internasional. Hal ini juga membantu dia untuk meningkatkan kemampuan pada komunikasi kelancaran dan persahabatan internasional. Ia juga bergabung beberapa keprihatinan organisasi dalam penelitian, kewirausahaan dan ekonomi Islam studi yang FoSSEI, IMAPESI, SCIEmics, KOPMA UPI, LEPPIM dan Mahapropesi. Kegiatan organisasi yang meningkatkan kemampuan kepemimpinan saya, seperti; mengelola pekerjaan, kemampuan beradaptasi, pengambilan keputusan, dan melakukan tindakan.

Aktivitas sekarang :
1. Konsultan UKM dan Koperasi bersama BMT Khalifah Bandung
2. Peneliti Muda UPI, pada bidang pendidikan, UKMK & kewirausahaan, budaya dan bisnis islam
3. Trainer pada pelatihan-pelatihan dan pendidikan (Pemberdayaan Pemuda) : 
   a.Penelitian, 
   b.Kepemimpinan dan Organisasi 
   c.Menulis Kreatif
   d.Kewirausahaan Islam dan Handycraft


Foto Kegiatan Finalis Debat Mahasiswa Nasional 




Further Info : http://berita.upi.edu/?s=Ade+Suyitno&x=0&y=0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar